NILAI - NILAI INTI PERUSAHAAN

Nilai-nilai inti perusahaan adalah prinsip dan keyakinan dasar yang membimbing tindakan dan keputusan dalam perusahaan.

Nilai-nilai inti Dharma Dental Clinic (DDC) adalah :

  1. Integritas
  2. Kolaborasi
  3. Inovasi
  4. Komitmen terhadap Kualitas
  5. Empati
  6. Pelanggan adalah Prioritas

Penerapan Sehari-hari

  1. Integritas:
  • Prinsip: Bertindak dengan jujur dan menjaga kepercayaan.
  • Penerapan: Karyawan diharapkan untuk selalu bersikap jujur dalam semua interaksi dan laporan kerja. Misalnya, melaporkan data dengan akurat dan tidak menutup-nutupi kesalahan yang terjadi, serta berani mengakui kesalahan dan mengambil langkah untuk memperbaikinya.
  1. Kolaborasi:
  • Prinsip: Bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
  • Penerapan: Membentuk tim yang efektif, berbagi informasi secara terbuka, dan membantu rekan kerja untuk mencapai hasil terbaik. Karyawan didorong untuk saling mendukung dan berkomunikasi dengan baik antar bagian.
  1. Inovasi:
  • Prinsip: Mendorong pemikiran kreatif dan solusi baru.
  • Penerapan: Mengadakan sesi pengumpulan ide (brainstorming) untuk menemukan ide-ide baru, memberikan ruang bagi karyawan untuk mengajukan ide inovatif, dan menghargai usaha mereka meskipun ide tersebut tidak selalu berhasil.
  1. Komitmen terhadap Kualitas:
  • Prinsip: Menyediakan layanan terbaik.
  • Penerapan: Memastikan bahwa setiap pekerjaan dilakukan dengan standar tertinggi, melakukan kontrol kualitas yang ketat, dan berupaya terus-menerus meningkatkan kualitas layanan.
  1. Empati:
  • Prinsip: Memahami dan menghargai perasaan dan perspektif orang lain.
  • Penerapan: Berinteraksi dengan rekan kerja dan pelanggan dengan sikap yang penuh pengertian, mengembangkan lingkungan kerja yang inklusif dan suportif, serta menunjukkan kepedulian terhadap kesejahteraan orang lain.
  1. Pelanggan adalah Prioritas:
  • Prinsip: Menempatkan kebutuhan pelanggan sebagai fokus utama.
  • Penerapan: Mendengarkan feedback dari pelanggan, merespon keluhan dengan cepat dan efektif, serta selalu berusaha memberikan pelayanan yang memuaskan dan melebihi harapan pelanggan.

Jenis Pelanggan

Ada 2 jenis pelanggan :

  1. Pelanggan Eksternal adalah pasien klinik yang menerima layanan dari klinik.
  2. Pelanggan Internal adalah orang/bagian (di DDC) yang menerima layanan dari orang/bagian lain (di DDC)

Contoh-contoh Pelanggan Internal :

  1. Dokter Gigi                                                                                                                       Dokter gigi (penerima layanan) adalah pelanggan internal dari Asisten Dokter Gigi (pemberi layanan). Dokter gigi membutuhkan dukungan dari asisten untuk menyiapkan alat dan bahan, membantu selama prosedur, dan menjaga kebersihan ruang praktek.
  1. Manajemen                                                                                                                      Manajemen (penerima layanan) adalah PI dari Semua Bagian (pemberi layanan). Manajemen membutuhkan laporan dan data dari seluruh bagian untuk membuat keputusan strategis dan operasional. 

Pentingnya Pelanggan Internal

  1. Koordinasi dan Kolaborasi: Setiap bagian bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama, memastikan bahwa proses berjalan lancar dan efisien.
  2. Kepuasan Karyawan: Ketika setiap karyawan atau bagian memperlakukan yang lain sebagai pelanggan, maka fokus pada kualitas layanan internal meningkat. Ini dapat meningkatkan kepuasan karyawan karena mereka merasa didukung dan dihargai dalam lingkungan kerja mereka.
  3. Efisiensi Operasional: Dengan memahami kebutuhan pelanggan internal, proses kerja dapat dioptimalkan untuk mengurangi hambatan dan meningkatkan efisiensi. Setiap bagian dari klinik bekerja dengan lebih baik saat kebutuhan mereka dipenuhi dengan baik.

Dengan memahami dan menerapkan konsep pelanggan internal maka lingkungan kerja yang harmonis dan produktif akan tercipta, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien/pelanggan eksternal.